Sabtu, 07 Januari 2023

Konsentrasi Keahlian

 

1. Teknik Kendaraan Ringan 

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (biasa dieja TKR) adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Teknik Kendaraan Ringan membekali peserta didik dengan ilmu kendaraan ringan  agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen-komponen mobil secara mandiri, merawat, dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar.

2. Teknik Sepeda Motor

Sama seperti Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) adalah cabang ilmu teknik otomotif. Bedanya, jika TKRO mempelajari alat-alat transportasi mesin mobil, TBSM lebih berfokus mempelajari kendaraan bermotor roda dua. TBSM di SMK PUI Jatibarang bekerja sama dengan Yamaha membekali peserta didik agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen-komponen sepeda motor secara mandiri, merawat, dan memperbaiki sepeda motor sesuai dengan standar Yamaha.

3. Teknik Komputer dan Jaringan

Mengutip dari Wikipedia, Teknik Komputer dan Jaringan adalah ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, serta internet.

TKJ SMK PUI Jatibarang resmi dibuka pada 2013 untuk mengambangkan minat dan bakat peserta didik pada Teknologi Informasi dan Komunikasi.

4. Desain Komunikasi Visual 

Desain Komunikasi Visual (DKV) mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa. DKV mempelajari cara mengolah pesan secara informatif, komunikatif, dan efektif, serta se-kreatif mungkin agar pesan dapat mencapai sasaran dengan memperhatikan unsur bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf, dan segala hal yang berkaitan dengan visual (pengelihatan). Kegiatan dalam DKV meliputi praktek untuk menciptakan karya desain di berbagai media, seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan sebagainya.

Previous Post
Next Post

0 komentar: