Rabu, 08 Desember 2021

Ekstrakurikuler SMK PUI Jatibarang

 

Ekstrakurikuler Wajib

1.  Pramuka

Gerakan Pramuka Indonesia adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan kepanduan. Pramuka adalah ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh semua pelajar di Indonesia yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka sebagai wadah untuk mencapai tujuan Pramuka dan berasaskan Pancasila.

Ambalan Gerakan Pramuka Pangkalan SMK PUI Jatibarang diberi nama K.H. Abdul Halim dan Nyi Hj. Siti Khodijah dengan nomor gugus depan 08.119-120.

Pramuka SMK PUI Jatibarang telah memiliki cukup banyak prestasi dalam lomba kepramukaan baik tingkat Jawa Barat, maupun nasional di antaranya dalam perlombaan Jaliteng 10 2020 di Kandanghaur,  GSS XVI 2020 di Kabupaten Sumedang, dan sebagainya.

2. Paskibra

Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) bertugas untuk mengibarkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih di sekolah pada kegaiatan upacara bendera. Upacara bendera biasa dilaksanakan peringatan hari-hari penting seperti Hari Kemerdekaan RI, Sumpah Pemuda, dan sebagainya.

Setiap tahunnya, Paskibra SMK PUI Jatibarang mengirimkan anggotanya untuk calon Paskibraka di tingkat Kabupaten Indramayu. Beberapa siswa SMK PUI Jatibarang pernah lolos dalam seleksi tersebut, yaitu M. Didi Irawan (2014), M. Ibrahim Isnan Imsawan (2016), Sedi Gamalama (2019), dan M. Hakim Mazid (2021).

3. Palang Merah Remaja

Palang Merah Remaja (PMR) adalah anggota remaja Palang Merah Indonesia (PMI) yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Materi pokok yang diajarkan di ekstrakurikuler PMR adalah gerakan kepalangmerahan, kepemimpinan, pertolongan pertama, kesehatan keluarga, kesehatan remaja, siap siaga bencana, dan donor darah.

Ekstrakurikuler Pengembangan Diri

1.  Irma (Ikatan Remaja Masjid)

Irma adalah organisasi keagamaan yang ada di SMK PUI Jatibarang yang tugas pokoknya adalah mengelola kegiatan di tempat ibadah di sekolah. Irma berperan dalam mengoptimalkan fungsi tempat ibadah di sekolah. Musala atau masjid yang ada di lingkungan sekolah yang rata-rata hanya difungsikan untuk salat, Irma berperan aktif dalam membuat tempat ibadah menjadi lebih banyak kegiatan seperti latihan seni musik hadrah, pembacaan sejarah Nabi Muhammad saw., dan masih banyak lagi.

2.  Olahraga

Di SMK PUI Jatibarang terdapat ekstrakurikuler atau pengembangan diri olahraga yang terdiri atas futsal/sepak bola, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, pencak silat, dsb.

Kegiatan olahraga di SMK PUI Jatibarang ditujukan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Siswa terbaik akan diajukan mengikuti kejuaraan olahraga sepert O2SN.

3.  Seni Musik

Musik adalah seni yang dinikmati oleh indra pendengar. SMK PUI Jatibarang memiliki kegiatan siswa berupa seni musik. Seni musik di SMK PUI Jatibarang terbagi menjadi musik modern atau band dan seni musik tradisional angklung.

Seni musik di SMK PUI Jatibarang biasa dipertunjukkan pada kegiatan penyambutan tamu sekolah seperti akreditasi dan PPKKS. Selain itu, grup musik dari SMK PUI Jatibarang juga pernah mengikuti parade band pada acara Mermule Buyut Godong, Desa Jatibarang Baru 2021.


 

Previous Post
Next Post

0 komentar: