Selasa, 30 November 2021

Kompetensi Keahlian di SMK PUI Jatibarang

SMK PUI Jatibarang adalah salah satu SMK tertua di Indramayu yang berdiri pada 1987. Sekolah yang berlokasi di Jalan Letnan Joni No. 19 Jatibarang ini sebelumnya bernama Sekolah Teknik Menengah (STM) PUI Jatibarang.

SMK PUI Jatibarang memiliki 3 kompetensi keahlian, yaitu Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Sepeda Motor serta Teknik Komputer dan Jaringan. Teknik otomotif adalah keahlian paling tua yang dimiliki SMK PUI Jatibarang dan menjadi SMK pertama yang membuka keahlian teknik otomotif di Kabupaten Indramayu

1.  Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (biasa dieja TKR) adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Teknik Kendaraan Ringan membekali peserta didik dengan ilmu kendaraan ringan  agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen-komponen mobil secara mandiri, merawat, dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar.

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK PUI Jatibarang telah ada sejak 1987. Lulusan kompetensi keahlian SMK PUI Jatibarang telah banyak yang sukses bekerja di industri otomotif multinasional seperti di PT Astra Daihatsu Motor.

SMK PUI Jatibarang telah banyak menjalin hubungan kerja sama industri untuk Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, salah satunya adalah PT Astra Daihatsu Motor.

2.  Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

Sama seperti Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) adalah cabang ilmu teknik otomotif. Bedanya, jika TKRO mempelajari alat-alat transportasi mesin mobil, TBSM lebih berfokus mempelajari kendaraan bermotor roda dua. TBSM di SMK PUI Jatibarang bekerja sama dengan Yamaha membekali peserta didik agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen-komponen sepeda motor secara mandiri, merawat, dan memperbaiki sepeda motor sesuai dengan standar Yamaha.

3.  Teknik Komputer dan Jaringan

Mengutip dari Wikipedia, Teknik Komputer dan Jaringan adalah ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, serta internet.

TKJ SMK PUI Jatibarang resmi dibuka pada 2013 untuk mengambangkan minat dan bakat peserta didik pada Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Previous Post
Next Post

1 komentar:

  1. The most enduring symbol of the Norse - titanium arts
    › tj-metal-arts › tj-metal-arts The most enduring symbol of the Norse febcasino.com - titanium arts · The most enduring symbol 도레미시디 출장샵 of the Norse - ford fusion titanium titanium arts · The most enduring symbol of 토토 사이트 추천 the Norse - titanium arts. worrione.com

    BalasHapus